Perbedaan Haji dan Umroh



  Haji dan umroh merupakan ibadah yang di laksanakan pada tempat yang sama yaitu di mekah. namun, perbedaan waktunya lah yang membedakanya. tapi terkadang masih banyak orang yang bingung membedakan  haji dan umroh, dan cenderung menyamakan kedua ibadah ini. 
Sebelum menjelaskan perbedaan haji dan umroh, ada baiknya kita mengetahui dulu pengertian haji dan umroh.

Pengertian

1. Haji
  ibadah haji merupakan rukun islam yang terakhir atau yang kelima. ibadah haji hukumnya wajib namun bagi yang mampu. ibadah haji juga tidak dapat di lakukan setiap waktu, dan hanya di lakukan setahun sekali yaitu pada bulan dzulhizah  pada tanggal 9. haji adalah mengunjungi baitullah (ka'bah) di mekah untuk melakukan amal ibadah tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula.

2. Umroh
  umroh merupakan ibadah yang sunah, namun bisa di laksanakan kapanpun kecuali saat musim pelaksanaan haji. umroh juga hampir memiliki arti yang serupa dengan haji, namun tak memiliki syarat dan ketentuan tertentu tidak seperti haji yang memiliki syarat dan rukun.

  Sebenarnya dari kedua penjelasan diatas sudah jelas bahwa haji dan umroh itu berbeda, namun saya akan mempermudah dengan meringkasnya

1. ibadah haji wajib dilaksanakan bagi yang mampu, sedangkan ibadah umroh
 sunah sekalipun mampu melaksanakan nya.
2. ibadah haji tidak dapat dilaksanakan setiap waktu hanya pada saat musim haji saja yaitu pada tanggal 9 dzulhijjah, sedangkan ibadah umroh dapat dilaksanakan kapan saja asal jangan saat musim haji.
3. ibadah haji memiliki syarat dan rukun yang wajib di laksanakan, sedang kan umroh syarat dan rukunya sunah untuk dilakukan (namun lebih baik di laksankan)
4. dan yang terakahir, ibadah haji mempunyai waktu lebih lama untuk menjalankanya, yaitu 40 hari. sedangkan umroh hanya 10 hari.



sekian postingan ini saya sampaikan, mudah-mudahan setelah kita mengetahui perbedaan nya kita  tidak lagi menyamakan nya.








Related Posts

There is no other posts in this category.