Pengertian Filsafat Dan Ciri-ciri Orang Berfilsafat



 1. Pengertian filsafat secara umum

   Secara umum filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan rasio (pemikiran menurut akal sehat). makna lain filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai konsep dasar mengenai kehidupan yang di cita-citakannya. atau bisa juga di artikann sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secaa mendalam.
   Ada pun makna lain,,
dari segi semantik (seluk-beluk tentang asal kata) ;  perkataan filsafat berasal dari kata bahasa arab yaitu "falsafah" dan dari bahsa yunani "philosopia", philos mempunyai makna (cinta/suka) dan sophia (pengetahuan). dan bila kita rangkai kata diatas akan mempunyai makna"cinta kepada kebijaksanaan" atau bisa juga cinta kepada kebenaran.  maksud dari makna diatas mengandung mengandung arti "orang yang berfilsafat akan menjadi bijaksana. dan orang yang mencintai filsafat biasa di sebut dengan (philosopher).

2. Pengertian filsafat menurut beberapa para ahli/tokoh yang terkenal

  • Harun nasution ; "filsafat adalah berfikir menurut tata tertib (logika) dengan bebas tanpa adanya tradisi ataupun agama, sampai ke dasar persoalanya".
  • Plato (427-347 SM) ; "filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada (bebas)".
  • Aristoteles (384-322 SM) ; "filsafat menyelidiki sebab dan asas atas segala benda"
  • Marcus tullius cicero (106-43 SM) ; "filsafat adalah pengetahuan tentang sesuatu yang maha agung dan usaha untuk mencapainya".
  • Al-farabi (wafat 950 SM) adalah seorang filsuf muslim terbesar sebelum ibnu sina menyatakan bahwa "filsafat adala ilmu pengetahuan tentang alam yang maujud atau bertujuan menyelidiki hakikat yang sebenarnya.
  
3. Ciri-ciri orang yang berpikir filosoffis

- berpikir dengan kedislipinan yang tinggi
- berpikir secara sistematis
- menyusun suatu skema konsepsi dan menyeluruh
- dan tidak kritishttp://faridansori.blogspot.com/2016/02/pengertian-filsafat-dan-ciri-ciri-orang.html








Related Posts

There is no other posts in this category.