Cara Mencari NISN Yang Benar

Cara mencari NISN - Dikutip dari situsnya, NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional.
Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.

Cara Mencari NISN

Apakah anda sedang mencari nomor induk siswa anda sendiri tapi anda tidak tahu caranya ? NISN atau nomor induk siswa nasional penting, karena dengan mempunyai NISN maka artinya siswa sudah terdaftar di kementrian pendidikan secara nasional. Tapi kadang kita lupa atau mungkin kartu pelajar kita hilang sehingga tidak tahu cara mengetahui NISN.
Oleh karena itu admin akan kasih tau cara mencari nomor NISN. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka link http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  2. kemudian pindahkan atau klik tab "pencarian berdasarkan nama"

    cara mencari nisn

  3. Setelah itu masukan nama anda, tempat lahir anda, dan tanggal lahir anda.
  4. klik cari.
  5. lalu tunggu hingga proses selesai, hingga keluar nomor NISN anda.

    cara mencari nisn

  6. selesai.

Nah itulah cara mencari NISN yang benar, semoga artikel ini dapat membantu anda ya, terutama siswa yang sedang mencari nomor NISN nya.
Jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya tentang metode penelitian - pengertian metode penelitian.

Tags: Cara mencari NISN, Mencari NISN, Cara mengetahui NISN, Cara mencari NISN siswa, Data siswa nasional

Sumber: Web

Related Posts

There is no other posts in this category.