Cara Mengatasi Diare

Cara mengatasi diare - Diare atau dalam bahasa Inggris diarrhea adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam.Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.
Kali ini admin akan share informasi penting tentang cara mengobati diare. Setiap orang pasti pernah mengalami penyakit diare, baik itu anak-anak ataupun dewasa, oleh karena itu kita wajib mengetahui cara mengatasi diare ini, jadi sewaktu-waktu ketika anda menderita diare, anda sudah tahu cara mengobati diare.

Cara Mengatasi Diare

Berikut adalah cara mengatasi diare secara alami. Silahkan perhatikan poin-poin berikut:
  • Jambu klutuk
    Cara mengatasi diare dengan jambu klutuk yaitu: Cuci pupus jambu sampai bersih kemudian haluskan. Campurkan sedikit garam lalu tambahkan 2 sendok makan air matang. Ramuan ini dapat diminum setiap kali diare cukup 1 sendok makan.
  • Cairan Oralit
    memperbanyak asupan cairan saat menderita diare sangat penting, terlebih yang mengandung elektrolit. Karena air putih biasa hanya mampu mengganti cairan yang hilang namun bukan elektrolit. Untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang kamu bisa menggunakan oralit.
    Cara mengatasi diare dengan oralit yaitu: cukup tambahkan 1/4 sendok teh garam , lalu tambahkan 4 sendok teh gula pasir, campur dengan 200 ml air hangat.
  • Sawo Muda
    Cara mengatasi diare dengan sawo muda yaitu: Cuci bersih buah sawo yang masih muda, kemudian haluskan. Tambahkan sedikit garam dan air matang secukupnya. Aduk sampai semua bahan tercampur sempurna kemudian saring, minum ramuan ini hingga diare mulai berhenti.
  • Hindari Makanan Berserat
    Sayuran memang baik, tapi selama diare hindari dulu sayuran yang mengandung banyak serat seperti kol, brokoli, kacang-kacangan. Hindari juga makan agar–agar walaupun lembek, agar–agar mempunyai serat yang tinggi sehingga tidak baik di konsumsi saat diare. Hindari juga buah jeruk, karena jeruk juga merupakan salah satu buah yang kaya akan serat.
  • Daun Jambu Biji
    Cara mengatasi diare dengan daun jambu biji yaitu: Cuci bersih daun jambu biji tadi, kemudian haluskan. Tambahkan 1 gelas air matang. Peras ramuan yang sudah di campur tadi. Minum ramuan tersebut sampai diare berhenti.
  • Hindari Minum Kopi dan Alkohol
    Kopi dan alkohol akan memicu pengeluaran cairan, hal ini dapat memperburuk diare. Untuk sementara waktu bisa di ganti dengan teh hitam, teh dapat membantu menenangkan pencernaan yang sedang bermasalah. Tidak hanya saat diare, sebaiknya alkohol dihindari kapanpun karena tidak baik untuk tubuh anda.
Itulah beberapa tips mengatasi diare, silahkan lakukan hal-hal diatas sebagai cara mengobati diare, semoga cepat sembuh.

Selain mengetahi cara mengatasi penyakit diare, sebaiknya anda juga mengetahui cara mencegah diare serta penyebab diare, karena seperti pepatah bilang mencegah lebih baik daripada mengobati.

Penyebab Diare

Dibawah ini adalah beberapa penyebab diare yang harus anda ketahui:
  • Alergi terhadap makanan atau obat tertentu terutama antibiotik.
  • Pemanis buatan. Pemanis buatan bisa menjadi penyebab anda menderita diare.
  • Infeksi oleh bakteri atau virus yang menyertai penyakit lain seperti: Campak, Infeksi telinga, Infeksi tenggorokan, Malaria, dll.
  • Infeksi oleh bakteri, virus (sebagian besar diare pada bayi dan anak disebabkan oleh infeksi rotavirus) atau parasit.
  • (Khusus diare bayi)MPASI atau makanan pendamping air susu ibu. Pada bayi saat dikenalkan MPASI seringkali memiliki efeksamping diare karena perut kaget dengan makanan dan minuman yang baru dikenal lambungnya.
Itulah beberapa hal yang menyebabkan anda terkena diare.

Cara Mencegah Diare

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah datangnya diare:
  • Jauhkan makanan dari lalat
    Lalat sering membawa kuman merugikan dari kakus ke tempat makanan. Selalu tutup
    makanan agar terhindar dari dihinggapi lalat.
  • Cuci Tangan
    Cuci tangan setelah buang air dan sebelum makan atau menyentuh makanan agar tangan selalu bersih dari bakteri dan virus penyebab diare.
  • Buang Air Besar Pada Tempatnya
    Jauhkan kotoran manusia dari air minum. Gunakan wc/kamar mandi.
  • Masak Air Hingga Mendidih
    Sebelum diminum, masaklah air hingga benar-benar mendidih. Begitu juga dengan makanan, sebelum dimakan, masaklah dulu hingga matang.
Itulah beberapa cara untuk mencegah diare. Intinya adalah lakukan gaya hidup sehat, dan selalu berolahraga minimal 30 menit perhari. Olahraga bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, sehingga penyakit apapun termasuk juga diare tidak akan mudah menyerang kita. Dan jauhi hal hal yang menyebabkan diare.

Kita sudah masuk kepada akhir artikel informasi tentang cara mengatasi diare, semoga bermanfaat untuk anda. Khususnya anda yang mungkin membaca ini karena sedang mengalami diare dan mencari cara mengatasi diare. Semoga anda lekas sembuh.
Jangan lupa baca juga artikel menarik dan penting lainnya tentang cara mengatasi ambeien secara alami.

Tags: Cara mengatasi diare, Cara mengatasi anak diare, Cara mengatasi bayi diare, Care mengatasi penyakit diare, Cara mencegah diare.

Sumber: Wikipedia, Web

Related Posts

There is no other posts in this category.