Metode Penelitian - Pengertian Metode Penelitian dan Macam-Macam Metode Penelitian

Metode Penelitian Berasal dari dua kata, yaitu metode dan penelitian. Metode berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang berarti cara atau menuju satu jalan. Metode merupakan kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu subjek atau objek penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah termasuk keabsahannya.
Adapun Penelitian adalah suatu proses pengumpulan data dan analisis data yang dilakukan secara sistematis, untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data dilakukan secara ilmiah, baik itu bersifat kuantitatif atau kualitatif, eksperimental maupun non eksperimental, serta interaktif maupun non interaktif.
Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa Pengertian Metode Penelitian adalah suatu cara untuk memecahkan masalah ataupun cara mengembangkan ilmu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah. Atau bisa juga Pengertian Metode Penelitian adalah cara-cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid, dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan dan dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah.

Jenis-Jenis Metode Penelitian


Metode Penelitian


Ada beberapa jenis metode penelitian, yaitu Metode Penelitian Kualitatif dan Metode Penelitian Kuantitatif. Kedua metode peneletian ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, juga memiliki perbedaan, sehingga belum dapat disatukan atau sinkronisasinya. Lihat Perbedaan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dibawah ini:
  1. Metode Penelitian Kualitatif
    • Design
      - Umum
      - Fleksibel
      - Berkembang, tampil dalam proses penelitian
    • Tujuan
      - Memperoleh pemahaman makna verstehen
      - Mengembangkan Teori
      - Menggambarkan realitas yang kompleks
    • Teknik Penelitian
      - Observasi, participant observation
      - Wawancara terbuka
    • Instrumen Penelitian
      - Human instrument
      - Buku catatan
      - Recording
    • Data
      - Deskriptif
      - Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan responden, dokumen, dll.
     
  2. Metode Penelitian Kuantitatif
    • Design
      - Spesifik, jelas, dan terinci
      - Ditentukan secara mantap sejak awal
      - Menjadi pegangan langkah demi langkah
    • Tujuan
      - Menunjukan hubungan antara variabel
      - Mentest teori
      - Mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif
    • Teknik Penelitian
      - Eksperimen survey, obervasi berstruktur
      - Wawancara berstruktur
    • Instrumen Penelitian
      - Test, angket, wawancara, skala
      - Komputer, kalkulator
    • Data
      - Kuantitatif
      - Hasil pengukuran berdasarkan variabel yang dioperasionalkan dengan menggunakan instrumen.

    Itulah perbedaan antara Metode Penelitian Kualitatif dan Metode Penelitian Kuantitatif dilihat dari  desainnya, tujuannya, Teknik penelitiannya, Instrumen penelitiannya, serta datanya.

Metode Penelitian Kualitatif

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dikutif dari Wikipedia adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis . Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Terdapat perbedaan mendasar antara peran landasan teori dalam penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dari teori menuju data, dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan; sedangkan dalam penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”.
Penelitian kualitatif jauh lebih subyektif daripada penelitian atau survei kuantitatif dan menggunakan metode sangat berbeda dari mengumpulkan informasi, terutama individu, dalam menggunakan wawancara secara mendalam dan grup fokus. Sifat dari jenis penelitian ini adalah penelitian dan penjelajahan terbuka berakhir dilakukan dalam jumlah relatif kelompok kecil yang diwawancarai secara mendalam.
Peserta diminta untuk menjawab pertanyaan umum, dan interviewer atau moderator group periset menjelajah dengan tanggapan mereka untuk mengidentifikasi dan menentukan persepsi, pendapat dan perasaan tentang gagasan atau topik yang dibahas dan untuk menentukan derajat kesepakatan yang ada dalam grup. Kualitas hasil temuan dari penelitian kualitatif secara langsung tergantung pada kemampuan, pengalaman dan kepekaan dari interviewer atau moderator group.
Jenis penelitian yang sering kurang dilakukan dari survei karena mahal dan sangat efektif dalam memperoleh informasi tentang kebutuhan komunikasi dan tanggapan dan pandangan tentang komunikasi tertentu. Dalam hal ini sering metode pilihan dalam kasus di mana pengukuran atau survei kuantitatif tidak diperlukan.

Metode Penelitian Kuantitatif

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif menurut Wikipedia adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Proses pengukuran adalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.
Penelitian kuantitatif banyak dipergunakan baik dalam ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial, dari fisika dan biologi hingga sosiologi dan jurnalisme. Pendekatan ini juga digunakan sebagai cara untuk meneliti berbagai aspek dari pendidikan. Istilah penelitian kuantitatif sering dipergunakan dalam ilmu-ilmu sosial untuk membedakannya denganpenelitian kualitatif.
Penelitian kuantitatif adalah definisi, pengukuran data kuantitatif dan statistik objektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orang atau penduduk yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang survei untuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka. Sebagai contoh: 240 orang, 79% dari populasi sampel, mengatakan bahwa mereka lebih percaya pada diri mereka pribadi masa depan mereka dari setahun yang lalu hingga hari ini. Menurut ketentuan ukuran sampel statistik yang berlaku, maka 79% dari penemuan dapat diproyeksikan ke seluruh populasi dari sampel yang telah dipilih. pengambilan data ini adalah disebut sebagai survei kuantitatif atau penelitian kuantitatif.
Ukuran sampel untuk survei oleh statistik dihitung dengan menggunakan rumusan untuk menentukan seberapa besar ukuran sampel yang diperlukan dari suatu populasi untuk mencapai hasil dengan tingkat akurasi yang dapat diterima. pada umumnya, para peneliti mencari ukuran sampel yang akan menghasilkan temuan dengan minimal 95% tingkat keyakinan (yang berarti bahwa jika Anda survei diulang 100 kali, 95 kali dari seratus, Anda akan mendapatkan respon yang sama) dan plus / minus 5 persentase poin margin dari kesalahan. Banyak survei sampel dirancang untuk menghasilkan margin yang lebih kecil dari kesalahan.
Beberapa survei dengan melalui pertanyaan tertulis dan tes, kriteria yang sesuai untuk memilih metode dan teknologi untuk mengumpulkan informasi dari berbagai macam responden survei, survei dan administrasi statistik analisis dan pelaporan semua layanan yang diberikan oleh pengantar komunikasi. Namun, oleh karena sifat teknisnya metode pilihan pada survei atau penelitian oleh karena sifat teknis, maka topik yang lain tidak tercakup dalam cakupan ini.

Itulah informasi seputar Metode Penelitian dan juga macam macamnya, semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya, Contoh Resume Lengkap.

Related Posts

There is no other posts in this category.