Bacaan Sholat dan Artinya

Bacaan Sholat - Sholat Secara etimologi berarti do’a dan secara terminology (istilah), para ahli Fiqih mengartikan secara lahir dan hakiki. Secara lahiriah Shalat berarti ‘Beberapa ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan di akhiri dengan salam, yang dengannya kita beribadah kepada Allah menurut syarat-syarat yang telah ditentukan.
Dalil yang mewajibkan solat ada beberapa didalam al-qur'an, diantaranya yaitu surat al-baqoroh ayat 43 yang berbunyi:

 “Dan dirikanlah Shalat, dan keluarkanlah Zakat, dan ruku’lah bersama-sama orang yang ruku" (QS.Al Baqarah;43)

Kali ini admin akan share informasi penting tentang bacaan sholat dan artinya. Sholat bagi seorang muslim sangat penting sekali, karena sholat adalah ibadah yang utama. Saking pentingnya, ibadah yang akan dipertanggungjawabkan nanti di alam mahsyar (akhirat) adalah sholat; Alloh swt akan bertanya kepada kita apakah selama di dunia kita melaksanakan sholat atau tidak. Bahkan menurut Nabi Muhammad saw sholat ini bisa menunjukkan hati seseorang, jika baik sholatnya (Khusyu', Di awal waktu, Ikhlas, dll) maka baik juga hatinya, tapi jika seseorang buruk sholatnya (Tidak khusyu, Tidak diawal waktu, Tidak mencontoh nabi, dll) maka buruk juga hatinya. Oleh karena itu sangat penting untuk kita mengetahui bacaan sholat yang shohih (mencontoh nabi) sehingga sholat yang kita lakukan lebih khusyu dan diterima oleh alloh swt. Aamiin.. Insya alloh..

Bacaan Sholat
Anak kecil sedang sholat
Sumber: Flickr


Langsung saja perhatikan bacaan sholat berikut lalu hapalkan dan praktekkan, kalau bisa print halaman ini untuk selalu dibaca dirumah, karena bacaan sholat ini tidak akan bisa langsung hafal.

Bacaan Sholat dan Artinya:

  1. Takbirotul Ihrom
    Ini adalah hal pertama yang dilakukan dalam sholat, takbirotul ihrom sambil membaca "Allohu Akbar"
  2. Bacaan Iftitah
    Setelah takbirotul ihrom, anda langsung membaca do'a iftitah (pembukaan). Ada beberapa pilihan do'a yang dicontohkan oleh rosul, diantaranya yaitu:

    اللَّهُمَّ باعِد بَيْني وبَيْنَ خَطايايَ كما بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ, اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ الخَطايا كما يُنَقّى الثَّوْبُ الأبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ, اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطايايَ بالمَاءِ والثَّلْجِ وَالبَرَدِ‏.‏

    Dalam latin:
    Allohumma baa'id baenii wa baena khotooyaayaa kamaa baa 'adta baenal masyriqi wal maghribi, Allohumma naqqinii min khotooyaayaa kamaa yunaqqist tsaubul abyadu minad danasi, Allohummagsil khotooyaayaa bil maa'i wa tsalji wal barod.

    Artinya:
    “Ya Alloh, jauhkan antara saya dengan kejelekan-kejelekan saya sebegaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Alloh, bersihkanlah diriku dari kejelekan-kejelekanku sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Alloh, basuhlah/cucilah kejelekan-kejelekan saya dengan air, salju dan embun."

    Setelah membaca do'a iftitah, dilanjutkan dengan membaca surat al-fatihah:

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

    الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
    الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم
    مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
    إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
    اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
    صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

    Surat Al fatihah dalam latin:

    Bismillahirrohmaanirrohiim
    Alhamdulillahi robbil 'aalamiin
    Arrohmaani rrohim
    Maaliki yaumid diin
    Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'iin
    Ihdinas sirootol mustaqiin
    Sirootol ladziina an'amta 'alaihim goeril maghdzuubi 'alaihim walad dzoolin

    Arti Surat Al-fatihah:

    Dengan menyebut nama Alloh yang maha pengasih dan maha penyayang
    Segala puji hanya bagi Alloh, Tuhan semesta alam
    Maha pemurah lagi maha penyayang
    Yang menguasai hari pembalasan
    Hanya kepadamu lah kami menyembah, dan hanya kepada-Mu lah kami meminta pertolongan
    Tunjukkanlah kami jalan yang lurus
    Yaitu jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat, bukan mereka yang dimurkai dan bukan mereka yang sesat.

    Setelah membaca surat al fatihah hingga selesai, anda harus membaca surat didalam al quran, apa saja (satu ayat juga diperbolehkan).
    Lalu setelah membaca surat atau ayat didalam al quran, anda langsung ruku' sambil mengucap "Allohu akbar."
  3. Bacaan Ruku'
    Bacaan ruku' yang dicontohkan oleh rosul yaitu:

    سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ
    Dalam latin:
    Subhaana robbiyal 'adzim 3x

    Artinya:
    Maha suci Alloh yang maha besar
  4. Bacaan 'i tidal (bangun dari ruku)
    Setelah ruku, anda bangkit takbirotul ihrom sambil baca "Allohu Akbar". Lalu baca do'a berikut ini:

    سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَه, رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ
    Dalam latin:
    Sami'allohu liman hamidah, Robbana walakal hamdu.

    Artinya:
    Alloh mendengar siapa saja yang memujinya, Ya tuhan kami, kepada Engkaulah segala pujian.

    Ket:
    Jika anda solat berjama'ah dan anda seorang makmum (bukan imam), maka cukup membaca Robbana walal hamdu saja.
  5. Bacaan sujud
    Setelah anda selesai membaca do'a 'itidal, anda langsung sujud sambil mengucap "Allohu Akbar". Lalu membaca do'a sujud berikut ini:

    سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى
    Dalam latin:
    Subhaana robbiyal a'laa 3x

    Artinya:
    Maha suci Alloh yang maha tinggi
  6. Bacaan duduk diantara dua sujud (Duduk iftirasy)
    Setelah sujud dan membaca do'a sujud diatas, anda lalu bangkit duduk sambil mengucap "Allohu Akbar" lalu membaca do'a duduk diantara dua sujud berikut:

    اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَاجْبُرْنِي وَاهْدِنِي وَارْزُقْنِي
    Dalam latin:
    Allohummagfirlii warhamnii wajburnii wahdinii warzuqnii

    Artinya:
    Ya Allah ampunila aku, kasihanilah aku, cukupkanlah aku, berilah aku hidayah dan berilah aku rizqi.
  7. Kembali Sujud
    Setelah anda membaca do'a iftirasy, anda kembali sujud sambil mengucap "Allohu Akbar" dan membaca kembali do'a sujud.
  8. Bacaan Tahiyat
    Setelah anda duduk, anda bangkit untuk tasyahud (awal atau akhir) sambil mengucap "Allohu Akbar". Lalu membaca do'a tasyahud berikut:

    التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى  مُحَمَّد وعلى آلِ  مُحَمَّد كَمَا صَلَّبْتَ عَلَى  إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى  مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ   مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى   إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ  إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد

    Dalam latin:
    Attahiyyatu lillah, wassolawaatu wattoyyibah, assalaamu 'alaika ayyuhannabiyyu warohmatullohi wabarokaatuhu, assalaamu 'alaina wa 'alaa 'ibaadillahis shoolihin, asyahu alla ilaaha illallohu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuululloh.
    Allohumma solli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa sollaita 'alaa aali ibroohim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohim, fil 'aalamiina innaka hamiidummajiid.

    Artinya:
    “Semua salam/keselamatan milik Allah, demikian pula shalawat (doadoa= pengagungan kepada Allah Subhanahu wata’ala) dan ucapan-ucapan yang baik (yang pantas disanjungkan kepada Allah Subhanahu wata’ala). Salam kesejahteraan atasmu wahai Nabi, rahmat Allah dan keberkahan-Nya. Salam kesejahteraan atas kami dan atas hambahamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah saja tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya.” (HR. Abu Daud no. 971, dinyatakan sahih dalam Shahih Abi Daud)
    lalu baca sholawat:
    Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. “ Sebagimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. “ Diseluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji, dan Maha Mulia

    Ket:
    - Ada beberapa versi dalam bacaan tahiyat ini, dan do'a diatas adalah do'a yang shohih (sesuai dengan cara rosul sholat) dilihat dari hadits yang menerangkan hadits ini adalah shohih.
    - Pada tasyahud akhir, anda bisa membaca tambahan do'a sebagai berikut:

    اَلْلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيْحِ الدَجَّالِ

    Artinya:
    Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa jahanam dan siksa kubur serta dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari kejahatan fitnahnya dajal.
  9. Do'a Salam
    Setelah anda selesai membaca do'a tasyahud, lalu anda salam. Pertama menoleh ke kanan sambil membaca "Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh". Lalu menoleh ke kiri sambil membaca "Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh".
    Ini adalah akhir dari bacaan sholat.

    Note:
    - Jika anda sedang sholat lebih dari dua rokaat, maka ada tasyahud awal dan tasyahud akhir. Dan jika ada tasyahud awal, maka selanjutnya adalah berdiri dan takbirotul ihrom.
Sekian informasi penting tentang bacaan sholat ini. Saya berharap semoga setelah anda membaca artikel ini serta mempelajarinya, anda mengamalkannya dalam sholat anda. Semoga ibadah kita semua selalu diterima oleh Alloh SWT.
Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya tentang pengertian ASI eksklusif.

Related Posts

There is no other posts in this category.