Pengertian ASI Eksklusif - Pengertian MPASI

Pengertian ASI Eksklusif - Berbahagialah anda yang ketika masih kecil diberi ASI Ekslusif oleh ibunya. Karena menurut penelitian, tidak ada air susu yang pas dengan kebutuhan kecuali air susu ibu, tentu itupun harus dibarengi dengan asupan gizi yang baik untuk ibunya. Apakah anda pernah mendengar ASI Ekskusif ?
Mengetahui apa itu ASI serta apa manfaat ASI sangat penting sekali diketahui oleh ibu manapun, apakah itu baru mau memiliki bayi, ataupun yang sudah memiliki bayi, karena dengan begitu ibu akan mengerti kenapa ASI itu penting.Kali ini admin akan berbagi informasi menarik tentang dunia ASI. Tentang pengertian ASI, pengertian ASI Eksklusif, Pengertian MPASI, manfaat ASI, dan sebagainya. Silahkan disimak informasi berikut ini.

Pengertian ASI

Air susu ibu atau sering disingkat dengan ASI adalah makanan bayi paling penting terutama pada bulan-bulan pertama kehidupan (Soetjiningsih, 1997:1). ASI merupakan sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi yang seimbang dengan kebutuhan pertumbuhan bayi. Karena ASI adalah makanan bayi yang paling sempuna baik secara kualitas maupun kuantitas. ASI sebagai makanan tunggal akan cukup memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayi normal sampai usia 4 sampai 6 tahun (Khairuniyah, 2004).
Nah itulah pengertian ASI, seperti yang dijelaskan diatas bahwa ASI adalah makanan bayi yang paling ideal dan pas dengan kebutuhan bayi, oleh karena itu jangan sepelekan ASI ini.

Pengertian ASI Eksklusif

Kata ASI dalam ASI eksklusif tidak ada bedanya dengan ASI yang kita tahu, yaitu air susu ibu. Lalu apa yang dimaksud dengan ASI Eksklusif ? ASI Eksklusif adalah istilah untuk pemberian ASI tanpa tambahan apapun, artinya hanya ASI saja.
Pengertian ASI Eksklusif - Menurut WHO pemberian ASI Eksklusif yang bagus adalah hingga 6 bulan. Artinya selama 6 bulan itu, bayi hanya diberi ASI tanpa tambahan makanan yang lain.
Apakah tidak apa-apa ? tentu saja tidak! seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ASI sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak. WHO juga telah meneliti bahwa didalam ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Pengertian MP ASI

MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendukung ASI. makanan pendukung ASI merupakan makanan yang diberikan kepada bayi yang telah berusia 6 bulan, karena ASI sudah tidak memenuhi kebutuhan bayi, oleh karena itu diberilah makanan pendukung ASI. Pemberian makanan pendamping ASI harus sesuai dengan usia balita. Pemberian makanan pendamping ASI harus bertahap dan bervariasi dari mulai bentuk bubur kental, sari buah, buah segar, makanan lumat, makanan lembek dan akhirnya makanan padat.
Selain untuk nutrisi tambahan, Fungsi Makanan Pendamping ASI antara lain untuk mengenalkan jenis makanan baru, mencukupi kebutuhan nutrisi yang tidak lagi dapat dipenuhi oleh ASI, membentuk daya pertahanan tubuh dan perkembangan sistem imunologis terhadap makanan maupun minuman.
MPASI juga dapat melatih perkembangan bayi (motorik maupun emosional), karena bayi usia 6 bulan sudah menunjukkan tanda-tanda siap makan yang telah didukung oleh perkembangan fisik seperti kekuatan leher dalam menopang kepala, sudah berusaha untuk duduk, sudah mulai mengigit benda yang digenggamnya. Bayi juga sudah mempunyai respon motorik halus dan kasar.

Itulah informasi seputar ASI serta ASI eksklusif, semoga anak anda menjadi anak yang berguna untuk keluarga, agama, dan negara. aamiin
Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya tentang Anatomi Tubuh Manusia, semoga bermanfaat.

Related Posts

There is no other posts in this category.