Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli - Sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu Socius dan Logos. Socius artinya kawan dan logos artinya ilmu pengetahuan. Ungkapan ini pertama kali diungkapkan dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" Karangan August Comte (1798-1867). Walaupun banyak definisi tentang sosiologi, namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan yang membahas tentang masyarakat.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli


Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, Pengertian Sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Kelompok tersebut mencakup keluarga, suku bangsa, negara, dan berbagai organisasi poitik, ekonomi, sosial.
Berikut ini akan saya paparkan seperti apa para ahli mendefinisikan sosiologi, silahkan disimak.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

  • Pengertian Sosiologi Menurut Pitirim Sorokin, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala gejala sosial lain.
  • Pengertian Sosiologi Menurut Max Weber, Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.
  • Pengertian Sosiologi Menurut J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers, sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
  • Pengertian Sosiologi Menurut William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf, sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.
  • Pengertian Sosiologi Menurut Roucek dan Warren, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.
  • Pengertian Sosiologi Menurut Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi, Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.
  • Pengertian Sosiologi Menurut Paul B. Horton, sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
  • Pengertian Sosiologi Menurut Soejono Soekanto, sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.
  • Pengertian Sosiologi Menurut Allan Johnson, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut memengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya memengaruhi sistem tersebut.
Itulah pengertian sosiologi menurut para ahli, lalu seperti apa pengertian Sosiologi Pendidikan ? Berikut keterangannya:

Pengertian Sosiologi Pendidikan

Dibawah ini adalah Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut Para Ahli:
  • Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut F.G Robbins, sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan kesemuanya dengantata sosial masyarakat. Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural, proses perkembangan kepribadian,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.
  • Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut E.B Reuter, sosiologi pendidikan mempunyai kewajiban untuk menganalisa evolusi dari lembaga-lembaga pendidikan dalam hubungannya dengan perkembangan manusia, dan dibatasi oleh pengaruh-pengaruh dari lembaga pendidikan yang menentukan kepribadian social dari tiap-tiap individu. Jadi perinsipnya antara individu dengan lembaga-lembaga social itu selalu saling pengaruh mempengaruhi (process social interaction).
  • Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut Charles A. Ellwood, mengemukakan bahwa Education Sosiologi is the sciense aims to reveld the connetion at all points between the cdukative process and the social, sosiologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari menuju untuk melahirkan maksud hubungan-hubungan antara semua pokok-pokok masalah antara proses pendidikan dan proses social.
  • Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut Drs. Ary H. Gunawan, Sosiologi Pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.
  • Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut E.G Payne, Sosiologi Pendidikan ialah studi yang komprehensif tentang segala aspek pendidikan dari segi ilmu sosiologi yang diterapkan.
  • Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut H.P. Fairchild dalam bukunya ”Dictionary of Sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Jadi ia tergolong applied sociology.
  • Pengertian Sosiologi Pendidikan Menurut  Brown dan F.G Robbins, Sosiologi Pendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasi pengalaman. Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya.
 Itulah pengertian sosiologi pendidikan menurut beberapa ahli, semoga anda sudah semakin mengerti tentang sosiologi, dan sosiologi pendidikan. Kali ini kita akan masik kepada pengertian sosiologi hukum. Apa itu sosiologi hukum ? Berikut penjelasannya.

Pegertian Sosiologi Hukum

Dibawah ini adalah macam-macam pengertian sosiologi hukum:
Pengertian Sosiologi Menurut Sacipto Rahardjo adalah ilmu yang mempelajari fenomena hukum yang bertujuan memberikan penjelasan terhadap praktik-praktik hukum. Sosiologi hukum menjelaskan terjadinya praktik-praktik hukum, sebab, faktor yang berpengaruh, latar belakang masalah dan sebagainya.
Sosiologi Hukum senantiasa menguji kesahihan empiris (empirical validity) dari suatu peraturan atau pernyataan hukum, yaitu sesuai-tidaknya dengan peraturan dengan bunyi atau teks dari peraturan itu
Sosiologi Hukum tidak melakukan penilaian terhadap hukum. Tingkah laku yang menaati hukum dan menyimpang dari hukum sama-sama merupakan objek pengamatan yang setaraf. Perhatian utama dari sosiologi hukum hanya pada penjelasan atau gambaran terhadap objek yang dipelajarinya.
Itulah Pengertian Sosiologi Hukum, semoga anda sudah mengerti apa itu sosiologi hukum. Sekarang kita akan membahas tentang pengertian sosiologi politik.

Pengertian Sosiologi Politik

Istilah sosiologi politik berasal dari dua kata, yaitu sosiologi dan politik. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat, kelompok-kelompok sosial, dan tingkah laku individu baik individual maupun kolektif dalam konteks sosial. Politik atau ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kekuasaan sebagai konsep inti. Konsep lain sebagai objek studi politik adalah negara,. Oleh para ahli sosiologi, sosiologi politik didefinisikan sebagai cabang atau spesialisasi dari sosiologi. Jadi paling kurang mempunyai dua pandangan tentang sosiologi politik yaitu studi tentang negara dan dan kekuasaan. Namun disamping itu ada juga tafsiran mengenai sosiologi politik secara umum.
Sosiologi politik sebagai Ilmu Negara. Konsep ini mempergunakan kata “politk” dalam konotasi yang biasa. Yaitu berhubungan dengan negara. Praktisnya ada dua arti : negara bangsa dan negara pemerintah.
Sosiologi sebagai ilmu tentang kekuasaan. Konsep yang lebih modern menganggap bahwa sosiologi politik adalah ilmu tentang kekuasaan, pemerintah, otoritas, komando, di dalam semua masyarakat manusia, tidak hanya di dalam masyarakat nasional.
Sosiologi politik adalah sebuah penyelidikan antara masalah-masalah yang berkesinambungan antara masyarakat dan politik. Konsep sosiologi politik menyangkut empat konsep yaitu sosialisasi politik, partisipasi politik, rekruitmen politik dan komunikasi politik.
Peran sosiologi politik adalah sebagai kajian yang bersifat implisit. Dalam pembahasannya terdapat nilai-nilai yang dapat dikaji dalam keterkaitan system politik, tetapi tidak terdapat kajian idiologis didalamnya. Sosiologi politik dipandang sebagai ilmu Negara yang melibatkan urusan kenegaraan dan suatu masyarakat.

Sahabat, kita sudah sampai pada akhir artikel yang membahas tentang Pengertian Sosiologi, Pengertian Sosiologi Politik, Pengertian Sosiologi Hukum dan Pengertian Sosiologi Pendidikan. Semoga setelah anda membaca artikel diatas menjadikan anda lebih mengerti tentang apa itu sosiologi. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya tentang Pengertian Metode Penelitian dan Macam Macamnya.

Related Posts

There is no other posts in this category.