Kiamat | Pengertian Kiamat, Tanda-Tanda Kiamat, Nama-Nama Kiamat

Kiamat - Kali ini admin akan share artikel tentang pengertian kiamat, tanda-tanda kiamat, dan nama-nama kiamat.
Sebagai seorang muslim, kita wajib untuk mempercayai akan adanya hari kiamat atau hari akhir. Karena mempercayai akan datangnya hari kiamat adalah salah satu rukun iman.
Kamu pasti pernah dengar atau pernah nonton film tentang kiamat seperti dalam film Kiamat 2012. Saking terkenalnya, kiamat dijadikan menjadi sebuah film. Tapi perlu kita ketahui kalau Hari Kiamat adalah suatu hal yang ghoib, artinya tidak akan ada seorangpun yang mengetahuinya, bahkan nabi dan malaikatpun tidak mengetahuinya. Tugas kita selaku seorang muslim adalah mempercayainya dan meyakini akan datangnya hari kiamat.

Pengertian Kiamat, Kiamat Menurut Islam

Hari Kiamat adalah peristiwa di mana alam semesta beserta isinya hancur berkeping-keping, membunuh semua makhluk di dalamnya tanpa terkecuali. Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala yang ditiup oleh Malaikat Israfil atas perintah dari Allah SWT.
Setelah semua makhuk yang hidup mati, maka Allah SWT akan kembali memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup terompet untuk yang kedua kali guna membangunkan orang semua yang telah mati untuk bangkit kembali. Mulai dari manusia pertama zaman Nabi Adam hingga manusia yang terakhir saat kiamat tiba untuk melaksanakan hari pembalasan. Itulah Pengertian Kiamat Menurut Islam.
Kiamat Menurut Islam terbagi kepada dua bagian, yaitu Kiamat Sugro/Kiamat Kecil dan Kiamat Besar/Kiamat Kubro.

Kiamat Kecil/Kiamat Sugro
Kiamat Sugro adalah kiamat kecil yang sering terjadi dalam kehidupan manusia yaitu kematian. Selain itu, kiamat sugro adalah kejadian-kejadian yang terjadi sebelum Kiamat Besar datang, seperti bencana alam, laki-laki yang menyerupai perempuan, jumlah perempuan lebih banyak dari laki-laki, terjadi zinah dimana-mana yang disebutkan dalam hadits-hadits sohih rosululloh SAW.  Setelah mati roh seseorang akan berada di alam barzah atau alam kubur yang merupakan alam antara dunia dan akhirat.
Kiamat sugro sudah sering terjadi dan bersifat umum atau biasa terjadi di lingkungan sekitar kita yang merupakan suatu teguran Allah SWT pada manusia yang masih hidup untuk kembali ke jalan yang lurus dengan taubat.

Kiamat Besar/Kiamat Kubro
Kiamat besar adalah akhir dari dunia, artinya seluruh kehidupan yang ada di dunia akan hancur. Setelah terjadi Kiamat Besar, maka akan ada akhirat yang merupakan alam terakhir yang akan manusia huni.
Kiamat kubra akan terjadi satu kali dan itu belum pernah terjadi sebelumnya. Kita tidak akan bisa membayangkan seperti apa kiamat ketika terjadi. Tugas kita selaku muslim adalah mempercayai kiamat dan mempersiapkan diri masing-masing dengan amal ibadah yang baik.

Tanda-Tanda Kiamat

Tidak ada yang mengetahui seorangpun tentan kapan datangnya Hari Kiamat, bahkan rosul dan para malaikat pun tidak mengetahuinya. Kita hanya dapat mengetahui Tanda-Tanda Kiamat yang akan terjadi sebelum Hari Kiamat tiba.

Seperti yang dijelaskan oleh Rosululloh SAW, kiamat tidak akan terjadi sebelum datang tanda-tanda akan terjadi kiamat. Ada orang yang mengaku mengetahui waktu kiamat akan datang, tapi itu semua adalah kebohongan. Ada juga yang sampai membuatnya menjadi film seperti pada film Kiamat 2012, dan banyak juga di youtube Video Kiamat dan Video Kiamat 2012, mereka berpendapat kiamat akan  terjadi pada tahun 2012, tapi itu juga tidak terjadi. Ini menjadi bukti bahwa tidak ada satu orangpun di dunia ini yang mengetahui Hari Kiamat kecuali Alloh SWT.
Seperti apa Tanda-Tanda Kiamat yang disebutkan oleh rosululloh, berikut daftarnya:

1. Merajalela kebodohan
Kebodohan yang muncul di dunia menjelang datangnya hari kiamat (akhir jaman) di tandai dengan meniggalkan para ulama (yang memiliki ilmu), sehingga sumber ilmu berkurang dan mencari pengatinya.Ilmu menjadi barang yang sangat mahal.
2. Tersebarnya perzinahan dalam berbagai bentuk di berbagai tempat.
Akhir zaman di tandai dengan terjadinya pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan, sehingga banyak menimbulkan perzinahan, Suatu perbuatan yang terajatnya sama dengan perilaku binatang.
3. Minuman keras(khamar) telah di jadikan minuman kebanggaan.
Dalam perkembangan zaman modern seperti yang terjadi saat ini, siapapun bisa dengan sangat mudah menemukan berbagai jenis minuman keras (khamar). Dan jika minuman keras sudah di anggap biasa dan wajar, maka hal ini merupakan salah satu tanda hari kiamat.
4.Jumlah lelaki lebih sedikit daripada jumlah perempuan
Saat ini penduduk dunia berjumlah sekitar 5 milyar orang, suatu jumlah yang sangat besar bila di bandingkan dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya,menurut sensus kependudukan, disimpulkan bahwa ternyata jumlah perempuan jauh lebih banyak di bandingkan dengan laki-laki.
5. Gaya hidup yang materalistik (hub al-dunya) dan sikap mental yang takut mati
Saat ini, terjadi kecenderungan orang untuk lebih mementingkan urusan duniawi di bandingkan dengan mempersipkan kepentingan Akhirat.
Selain ciri tersebut, di jelaskan juga ciri -ciri yang lain yang berkaitan dengan kejadian alam :
Munculnya Ad-Dukhan (asap atau kabut tebal)
Munculnya Dajjal
Munculnya Dabbah
Matahari terbit di sebelah barat
Turunnya nabi Isa AS putra Maryam
Munculnya Ya`jud dan Ma`juj
Terjadinya gerhana dibeberapa belahan bumi dalam waktu yang hampir bersamaan.
Api yang menyala menghalau umat manusia ke Mahsyar (tempat berkumpul)

Nama-Nama Kiamat

Ternyata Kiamat itu tidak hanya mempunyai satu nama, tapi ada banyak nama kiamat. Didalam Al-quran Alloh SWT mnyebut kiamat dengan nama yang berbeda-beda. Nama-nama Kiamat tersebut yaitu:
1. Hari Kebangkitan Besar (Yaumul Qiyamah)
Hari kiamat adalah hari berakhirnya kehidupan dunia yang di tandai dengan hancurnya seluruh makhluk yang telah di ciptakan Allah
2. Hari Pemisah (Yaumul Fashl)
Hari kiamat juga di sebut dengan yaumul fashl, yang artinya pemisah antara orang yang beriman dengan orang kafir. Pada hari itu manusia di kelompokkan menurut keyakinan agamanya.
3. Hari Perhitungan (Yaumul hisab)
Yaumul Hisan adalah nama lain hari kiamat yang berarti hari perhitungan seluruh amal perbuatan manusia. Pada hari itu, amal manusia di hitung dengan cermat dan cepat serta di berikan balasan yang setimpal.
4. Hari Pertemuan (Yaumul Thalaq)
Yaumul thalaq yaitu hari pertemuan manusia dengan sesamanya
5. Hari berkumpul (Yaumul Jam`i)
Yaumul Jam`i adalah hari berkumpulnya seluruh manusia sejak zaman Nabi Adam sampai dengan manusia akhir Zaman untuk di tanyakan seluruh amal perbuatannya selama hidup di dunia.
6.Hari Berkumpul (Yaumul Mahsyar)
Yaumul Mahsyar adalah hari saat manusia di kumpulkan di padang rumput mahsyar. Padang Mahsyar adalh daratan yang sangat luas tempat berkumpulnya manusia di akhirat sejak Nabi Adam sebagai manusia yang pertama sampai manusia terakhir yang lahir ke dunia.
7. Hari Kebangkitan (Yaumul Ba`ats)
Yaumul Ba`ats adalah hari saat manusia di bangkitan dari kuburnya. Mahsyar adalah padang yang luas tempat berkumpulnya manusia setelah Yaumul Ba`ats.
8. Hari Perhitungan (Yaumul Hisab )
Yaumul Hisab adalah hari saat datangnya perhitungan dari Allah SWT terhadap amal perbuatan manusia selama hidupnya. Perbuatan manusia akan di tanyakan oleh allah, yang baik maupun yang buruk, di perlihat kan semua .
9. Hari pertimbangan amal (Yaumul Mizan)
Yaumul Mizan adalah hari diadakannya timbangan amal perbuatan yang telah di lakukan manusia selama hidup di dunia. Tidak ada suatu amalpun yang terlewatkan .Semua akan di berikan balasan yang setimpal.
10.Hari Pembalasan (Yaumul Jaza )
Hari kiamat adalah hari pembalasan seluruh amal perbuatan manusia .Balasan yang akan di berikan Allah SWT sangat tergantung pada jenis amal yang telah di lakukan selama hidup di dunia. Jika amalnya baik, maka balasannnya berupa pahala dan surga, Sedangkan jika amalnya buruk,maka balasannya adalah siksa neraka.
11. Hari yang menentukan (As-Sa`ah)
Hari kiamat adalah hari yang tepat dan menentukan. Terjadinya kiamat merupakan saat yang telah di rancang dan ditentukan secara akurat. Tidak akan ada kesalahan, tidak akan di mundurkan atau di majukan. Saat terjadinya telah ditentukan menurut kehendak Allah yang mengusai alam ini.
12. Hari pembalasan Agama (Yaumul Diin)
Hari kiamat adalah hari pembalasan Agama. Artinya amal perbuatan yang berkaitan dengan pengamalan agamanya akan di pertangunggjawabkan pada hari tersebut.Termasuk amal shalat, puasa, haji, zakat, shadaqah dan sebagainya.

Related Posts

There is no other posts in this category.