Pengertian Seni

Pengertian Seni

   Kata "seni" bukanlah bukanlah kata yang asing di telinga kita, dan 99% orang dewasa pasti mengetahui apa itu seni. tapi kebanyakan orang banyak yang menafsirkan bahwa seni itu hanya untuk orang2 yang khusus dan tidak untuk umum. secara garis besar, seni bisa di artikan sebuah ekspresi yang memiliki unsur keindahan yaang di ungkapkan lewat suatu media yang bersifat nyata dan bisa di cerna oleh ke 5 panca indera.

untuk lebih jelasnya mari kita simak lagi beberapa pengertian seni secara umum dan menurut beberapa para ahli/tokoh berikut.

 Pengertian seni 

     Seni secara umum adalah sgala sesuatu yang di ciptakan manusia dan mengandung unsur ke indahan lalu mampu membangkitkan persaan orang lain. kata 'seni' berasal dari kata sansakerta yaitu kata sani yang di artikan pemujaan atau persembahan. menurut padmapushpitha dimana seni berasal dari bahasa Belanda genie dalam bahasa latin disebut dengan genius yang artinya kemampuan luar biasa dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut Ilmu Eropa bahwa seni berasal dari kata art yang berarti artivisual yaitu suatu media yang melakukan kegiatan tertentu.

sedangkan menurut beberapa para ahli,,

  • Aristoteles :  seni adalah suatu bentuk yang pengungkapkanya dan penampilanya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam
  • Sudarmaji :  seni adalah sgala manifestasi batin dan pengalaman  dan pengalaman estatis dengan menggunakan media bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang
  • Alexander B. Garton :  seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan
  • Hilarry Bel :  seni adalah istilah yang di gunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya
  • Immanuel kant :  seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiyarkan kenyataan
  • Leo Tolstoy :  seni adalah ungkapan perasaan  pencipta yang di sampaikan kepada orang lain agar mereka  dapat merasakan  apa yang dirasakan pembuat karya itu.
  • James Murko :  penjelasan rasa indah  yang terkandung  dalam setiap jiwa manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi kedalam bentuk yang dapat dianggap oleh ke 5 indera kita.

Seni mungkin memiliki arti yang berbeda-beda karna setiap manusia tidak mungkin melihat satu hal yang sama. dan kita juga bebas memberikan pendapat kita tentang seni, karna pendapat kita terkadang mudah di pahami/mengerti oleh kita sendiri.



Related Posts

There is no other posts in this category.