Pengertian Psikologi Dan Macam-macamnya

Pengertian Psikologi Dan Macam-macamnya




1. Pengertian Psikologi  

   Psikologi (dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental.

Sedangkan menurut para ahli/tokoh,,


-          Menurut Crow & Crow
  Pschycology is the study of human behavior and human relationship. (Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.

-          Menurut Sartain
  Psychology is the scientific study of the behavior of living organism,with especial attention given to human behavior. (Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia).

-          Menurut Wundt, 1829
 Psikologi bertugas menyelidiki apa yang kita sebut pengalaman bagian dalam sensasi dan perasaan kita sendiri, pikiran serta kehendak kita yang bertolak belakang dengan setiap objek pengalaman luar yang melahirkan pokok permasalahan ilmu alam. (Abdul Rahman Shaleh. 2004).

-          Menurut Bruno (1987)
  Pengertian Psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai ruh Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai kehidup mental. Ketiga, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai tingkah laku organisme.

-          Menurut Chaplin (1972)
Dalam Dictionary of psychology Psikologi ialah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.

-          Menurut Richard Mayer (1981)
  Psikologi merupakan analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

-          Menurut Angell, 1910
  Semua kesadaran normal atau abnormal, manusia atau binatang, merpakan pokok permasalahan yang dicoba untuk dijelaskan oleh ahli psikologi, dan tidak ada definisi ilmu ini yang sepenuhnya dapat di terima, semua bunyinya kurang lebih sama. ( Abdul Rahman Shaleh. 2004).

-          Menurut Plato dan Aristoteles
  Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir. (Abdul Rahman Shaleh. 2004).

-          Menurut Watson, 1919
  Psikologi merupakan bagian dari ilmu yang menekankan perilaku manusia, perbuatan dan ucapannya baik yang dipelajari maupun yang tidak sebagai pokok masalah. (Abdul Rahman Shaleh. 2004).

-          Menurut Gates, 1931
  Secara luas psikologi mencoba menemukan peraturan umum yang menerangkan perilaku orgnisme hidup. Bidang ini mencoba menunjukkan, menerangkan dan menggolongkan berbagai macam kegiatan yang sanggup dilakukan oleh binatang, manusia atau lainnya. (Abdul Rahman Shaleh. 2004).


 2. Fungsi psikologi sebagai ilmu

       Ilmu psikologi memiliki 3 fungsi,,
  • Menjelaskan, yang mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil penjelasan atau diskusi dalam bentuk deskripsi yang bersifat deskriptif.
  • Memprediksi, yaitu mampu meramalkan atau memprediksi apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi yang prognosis, prediksi atau estimasi.
  • Control, yaitu mengendalikan perilaku seperti yang diharapkan. Manifestasi dalam bentuk tindakan yang preventif, intervensi atau pengobatan dan rehabilitasi atau perawatan.


 3. Macam-macam/jenis-jenis psikologi



Psikologi Perkembangan, yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku yang terdapat pada tiap-tiap tahap perkembangan manusia sepanjang rentang kehidupannya.

 Psikologi Pendidikan, yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam situasi pendidikan.

 Psikologi Sosial, ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan masyarakat sekitarnya.

 Psikologi Industri, ilmu yang mempelajari tingkah laku yang muncul dalam dunia industri dan organisasi.

 Psikologi Klinis, ilmu  yang mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, normal dan tidak normal, dilihat dari aspek psikisnya.

 Psikologi konseling. Ilmu Psikologi konseling masih berhubungan dengan ilmu psikologi klinis. Di ilmu psikologi ini kamu akan mempelajari hubungan antara terapis dengan klien. istilah mudahnya seperti konsultasi. Contohnya sikap apa yang perlu dilakukan ketika menghadapi sifat-sifat klien yang berbeda-beda, kemudian kamu pun akan mempelajari bagaimana cara menyampaikan informasi yang tepat kepada klien ketika sedang konseling. 

 Psikologi Abnormal. Psikologi Abnormal mempelajari tentang perilaku-perilaku individu yang menyimpang yang tak lazim dilakukan oleh orang normal. Contohnya: lesbi, Gay, clepto, psikopat, dan masih banyak yang lainnya. Misal ada seorang psikopat, di ilmu ini kamu akan mempelajari kenapa orang itu bisaberssikap seperti itu, lalu bagaimana cara menanganinya, dan lain sebagainya.

  Psikologi Diagnostik. Psikologi Diagnostik ini ialah kajian ilmiah tentang berbagai macam metode yang bisa digunakan untuk membuat diagnosis psikologis, dengan tujuan untuk bisa memperlakukan manusia dengan lebih bijaksana. Contohnya Psikodiagnostik, metode itu dilakukan untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis, dengan maksud gar bisa memberikan pertolongan secara lebih tepat dan akurat.

  Psikologi Faal.  Mungkin kamu masih asing dengan istilah Faal. Dalam ilmu psikologi, Psikologi Faal ialah ilmu psikologi yang mempelajari perilaku manusia yang berkaitan dengan fungsi dan kerja organ-organ dalam tubuh. Contohnya mempelajari bagaimana otot seseorang akan bekerja ketika sedang menangis, tertawa, marah, dan lain-lain. Karena itu ketika kamu akan mendalami ilmu psikologi faal ini, kedepannya ketika sedang menangani sebuah studi kasus, kamu akan lebih memerhatikan pengaruh kondisi biologis atau faal seseorang terhadap tindakan atau perilaku orang tersebut. Misal ketika orang tersebut sering marah atau kesal, apa yang akan terjadi pada kondisi psikisnya, begitupun ketika sedih atau bahagia, dan lain-lain.

  Psikologi Umum, Yang dimaksud dengan psikologi umum ialah ilmu tentang yang mempelajari tingkah laku manusia. Biasanya mempelajari tentang keadaan emosi, kepribadian, pembentukan karakter, memori, intelegensi, dan masih banyak yang lainnya. Ilmu psikologi umum ini hampir mencakup semua tentang psikologi, namun hanya secara umumnya saja tidak mendalam. Misal kamu ingin belajar tentang psikologi pendidikan, maka kamu harus mendalami ilmu psikologi pendidikan secara langsung. Jadi ilmu psikologi umum ini hanya membahas secara umumnya saja. 

  Psikologi Kepribadian, Hampir sama dengan sikologi perkembangan, ilmu psikologi kepribadian pun membahas tentang karakter2 diri, sifat-sifat yang ada di dalam diri, dan sesuatu yang behubungan dengan diri. hanya saja yang membedakan ilmu psikologi kepribadian ini dengan psikologi perkembangan ialah di dalam ilmu ini, bagaimana sifat yang kita miliki itu bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang kita tinggal, seperti bagaimana cara kita berinterkasi dengan orang yang setipe keperibadianya dengan kita, dan masih banyak lagi. oleh karena itu, ilmu ini sangat berkaitan dengan psikologi perkembangan dan sosial.









Related Posts

There is no other posts in this category.